Dalil kana anggapan penghapusan hukum nikah Mutah (Bag V)

Sesi ka lima

Dalil kana anggapan penghapusan hukum nikah Mutah

Sareng Jawabanna

Lamun ku urang dibagi anggapan penghapusan hukum ieu bisa dibagi kana dua bagian :

1. Zaman ti nabi keneh tos dihapus, tapi hal ieu bertolak belakang jeung keterangan sahih dina tafsir jeung dina riwayat yen pelarangan eta terjadi setelahna (zaman Umar), lamun ditilik tina hadits na seueuer anu dhaif tina sanadna bahkan tina matanna, walaupun sabagean ngasahihkeunana, ngan teu aya faedahna ku jumlah riwayat anu bertolak belakang jeung hadits eta.

2. Pelarangan eta terjadi di zaman Umar bin Khatab (khalifah kadua), permasalahan bijil tidieu, dina pembahasan quran , yen kumaha bisa quran dinasakah ku sahabat, bahkan ku nabi pun teu bisa, quran kudu dinasakh ku quran deui.

3. Pelarangan ti sabagean ulama suni, pelarangan ieu teu ngarubah hukum asli kana kahalalanana , jadi pelarangan ieu hanya sifatna sementara, artina teu ngarubah hukum asli, karena manusa moal bisa ngarubah hukum asli nu aya.

Penjelasan :

a. Anggapan pelarangan Nikah Mutah di Zaman Nabi saw, dibagi kana opat zaman anu berbeda, tapi sateuacana anggapan ieu masih teu ditarima ku masalah kaidah naskh jeung mansukh kulantaran nabi saw nyalira teu tiasa ngaharamkeun naon anu dihalalkeun ku Allah swt, jadi sabenernamah penghapusan kedah ku nu sadarajat, quran ku quran deui, hadits kudu ku hadits deui.

b. Tapi anggaplah urang narima penghapusan hukum quran ku hadits nabi, maka kejadian na kana opat perkara anu beda beda sasuai kana riwayat anu aya, hiji pelarangan eta terjadi di Tahun Futuh mekkah, penyerangan hunain, khaibar, sareng Tabuk, maka ku ku kituna Muslim dina sahihna nyebabkeun bab pengharaman mutah, teras penghalalan teras pengharaman teras penghalalan dll, hal ieu lamun ditingali dina qaidah hukum melazimkan yen hukum asli masih aya (halal), kulantaran kumaha bisa anu halal diharamkaeun teras dihalalkeun teras diharamkeun?

Anu kaduana lamun ditingali tina hukum mantiq hal ieu ngalazimkeun tanaqudh nyaeta di satu sisi halal di satu sisi haram, sedangkan jauhar ( isi) hukum teu bisa berubah, lamun berubah ngalazimkeun tanaqudh (bertolak belakang) jeung lamun anu bertolak belakang maka mustahil.

Tapi lamun anu dimaksud nyaeta hukum kadua — hukum aya hukum asli aya hukum kadua (anu hubunganna jeung kondisi) — maka hukum kadua eta sanes dzat hukum atawa sanes hukum asli tapi hukum aradhi ( hukum luar) anu ngakibatkeun dina kondisi tertentu bisa haram, saperti makan lamun seueur teuing kamerkaan bisa haram, tapi zatna hukum dahar (makan) teu haram. Ku kituna balik deui kana hukum asli nyaeta hukum halal.

c. Pembahasan  sanad

1) Pelarangan Oleh Rasulullah saww

Hadits pelaranganna kieu:

وَحَدَّثَنِى سَلَمَةَ بْنُ شَبِيبٍ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَعْيَنَ حَدَّثَنَا مَعْقِلٌ عَنِ ابْنِ أَبِى عَبْلَةَ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ قَالَ حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سَبْرَةَ الْجُهَنِىُّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْمُتْعَةِ وَقَالَ « أَلاَ إِنَّهَا حَرَامٌ مِنْ يَوْمِكُمْ هَذَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ كَانَ أَعْطَى شَيْئًا فَلاَ يَأْخُذْهُ ». صحيح مسلم – (ج 4 / ص 134 (sahih muslim : 3:167)

Kita cukupkan keterangan perawinya mengenai Arrabi’ Ibn Sabrah atau dikenal dengan Abdulmalik Arrabi’ dengan kedhoifannya dalam Tahdzib At-Tahdzib no 744 oleh Ibn Hajar Atsqalani

قال أبو خيثمة: سئل يحيى بن معين عن أحاديث عبدالملك بن الربيع عن أبيه عن جدّه فقال: ضعاف. وحكى ابن الجوزي عن ابن معين أنّه قال: عبدالملك ضعيف. وقال أبو الحسن بن القطّان: لم تثبت عدالته،

Abu Haitsamah berkata : Yahya Ibn Mu’in (Imam dalam Jarh wa Ta’dil) mengenai Abdul Malik Arrabi’ dari ayahnya dari jaddihi, maka berkata Yahya : dia (arrabi’) salah satu yg dhaif

Ibn Jauzi pernah bercerita dari Ibn Mu’in bahwa sesungguhnya di atelah berkata : Abdul malik Dhaif

Abul Hasan Al-Qathan mengatakan : Tidak ditetapkan keadilannya

2) hadits pelarangan dari Imam Ali as

حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ أَنَّهُ سَمِعَ الزُّهْرِيَّ يَقُولُ أَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ وَأَخُوهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِمَا أَنَّ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ لِابْنِ عَبَّاسٍ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْمُتْعَةِ وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ زَمَنَ خَيْبَرَ صحيح البخاري – (ج 5 / ص

Kita cukupkan saja dari perawi yg bernama Azzuhri atau dikenal dengan nama Muhammad Ibn Shahab Azzuhri, mengenai kecacatannya :

1. Zuhri dimasukan dalam nama-nama para mudallis didalam kitab Asma Almudallisin penulis Jalaluddin Assuyuthi, no 47

محمد بن شهاب الزهري مشهور بالتدليس

Muhammad Ibn Syahab Azzuhri masyhur dengan Tadlis (penipuan)

2.  Ibn Abi Hadid mengatakan didalam syarah Nahjul Balaghah jilid ke-4 hal102

كان الزهري من المنحرفين عنه عليه السّلام

Zuhri adalah orang yg munharif darinya (Imam Ali as)

3. Ibn Abi Hadid menambahkan dalam Syarah Nahjul Balaghahnya bhawa Zuhri suka mencaci Ali as

روى جرير بن عبد الحميد عن محمد بن شيبة قال شهدت مسجد المدينة فإذا الزهري وعروة بن الزبير جالسان يذكران عليا ع فنالا منه فبلغ ذلك علي بن الحسين ع فجاء حتى وقف عليهما فقال أما أنت يا عروة فإن أبي حاكم أباك إلى الله فحكم لأبي على أبيك وأما أنت يا زهري فلو كنت بمكة لأريتك كبر أبيك . وقد روي من طرق كثيرة أن عروة بن الزبير كان يقول لم يكن أحد من أصحاب رسول الله ص يزهو إلا علي بن أبي طالب وأسامة بن زيد . وروى عاصم بن أبي عامر البجلي عن يحيى بن عروة قال كان أبي إذا ذكر عليا نال منه = diriwayatkan dari Jarir ibn Abdulhamid dari Muhammad Ibn Syaibah berkata aku menyaksikan Zuhri dan Uruwah ibn Zubair sedang duduk di mesjid madinah, dan mereka membicarakan Ali dan kedua2nya mencacinya…

.

4.  Ibn Mu’in seorang imam dalam Hadits dan jarh wa ta’dil mengatakan didalam Al-Kâsyif jilid ke2 hal 301 , dan Zuhri melakukan menerima riwayat dari Umar Ibn Saad pembunuh Imam Husein as

وأرسل عنه الزهري وقتادة. قال ابن معين: كيف يكون من قتل الحسين ثقة؟

Ketika Adzahabi menerjemahkan Umar ibn Saad dia mengatakan : Zuhri dan Qatadah mengambil hadits dari Umar Ibn saad, , Ibn Mu’in mengatakan : bagaimana bisa orang yg membunuh Imam Husein Tsiqah?

5. Adzahabi didalam Siar A’lam Annubala 7/226, mengatakan

شرطي بني امية

Zuhri adalah penjaganya Bani Umayyah

Dilain hal kita lihat tanggapan para ulama hadits mengenai pelarangan mutah di Khaibar ini :

1.  Ibn Hajar Atsqalani dalam Fathul Bari 9/210 dari Sahili mengatakan

ويتّصل بهذا الحديث‏ تنبيه على‏ إشكال، لأنّ فيه النهى عن نكاح المتعة يوم خيبر، وهذا شي‏ء لا يعرفه أحد من أهل السير ورواة الأثر

Hadits tersebut perlu diperhatikan karena ada unsure permasalhan, karena didalamnya pelarangan nikah Mut’ah di hari Khaibar, dan hal itu tidak ada seorang dari Ahli sejarah dan Sair dan perawi hadits mengetahui hadits tersebut (pelarangan di khaibar).

2.  Aini Berkata didalam Umdatul Qari 17/247

قال ابن عبدالبرّ: وذكر النهي عن المتعة يوم خيبر غلط»

Ibn Abdilbarr berkata : Dikatakan pelarangan nikah mut’ah di hari khaibar adalah suatu kekeliruan.

3. Qasthalani didalam Irsyad Assari 11/397 mengatakan

قال البيهقي: لا يعرفه أحد من أهل السير ولارواة الأثر»

Baihaqi mengatakan : tidak dikenal hadits itu (pelarangan di khaibar) oleh para ahli sejarah dan perawi hadits.

4.  Ibnul qayyim pun ikut berkata didalam kitab Zâdul Ma’âd fi Hâdi Kheiril ‘Ibâd 2/184

 «قصّة خيبر لم يكن فيها الصحابة يتمتّعون باليهوديّات، ولا استأذنوا في ذلك رسول اللَّه، ولا نقله أحد قطّ في هذه الغزوة، ولا كان للمتعة فيها ذكر ألبتّة لا فعلًا ولا تحريماً»

Didalam kisah khaibar tidak ada satupun dari sahabat melakukan mut’ah dengan para wanita yahudi, dan tidak pula mereka meminta izin kepada rasulullah saw untuk melakukan mut’ah, dan tidak meriwayat seorangpun (mengenai mut’ah ini) didalam perang ini, dan tidak pula disebutkan perihal atau masalah mutah sedikitpun, tidak pula pelaksanaannya tidak pula pengharamannya.

KESIMPULAN :

1. PELARANGAN MUTAH OLEH RASULULLAH ADALAH DHAIF HADITSNYA

2. PELARANGAN MUT’AH OLEH IMAM ALI CACAT HADITSNYA

3. PARA AHLI SEJARAH DAN AHLI RIWAYAT MENOLAK PELAKSANAAN BAHKAN PENGHARAMAN MUT’AH DI KHAIBAR KARENA DI KHAIBAR TIDAK ADA SEDIKITPUN CERITA MASALAH MUT’AH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: