Sayyidah Fatimah Zahra as Syahadah dengan Kemuliaannya

  

Sayyidah Fatimah Zahra as Syahadah dengan Kemuliaannya

(Kajian Tarikh Kitab-Kitab dan Ilmu Dirayah dan Rijaliah

Ahlussunnah)

Zen

 

Bab I

Kedudukan Sayyidah Zahra as

 

Budaya arab jahiliah masih melekat di benak para sahabat nabi mengenai perilaku mereka kepada wanita, sebagian menganggap rendah dan meremehkan kedudukan wanita , tetapi Rasulullah saww, menunjukkan dengan terang-terangan kepada umatnya penghoramatan kepada putrinya tercinta Sayyidah Zahra as, selain daripada penghormatan itu didasari oleh makam dan kedudukan yang tinggi Sayyidah Zahra as, hal itupun ditunjukkan karena perintah dari Allah Swt, karena tidak ada yang muncul dari nabi saw baik itu dari perkataan maupun perbuatannya kecuali bimbingan wahyu dari Tuhannya.

إنْ هُوَ إِلاَّ وَحْيٌ يُوحى*وَما يَنْطِقُ عَنِ الْهَوى

dan dia tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya,  Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”[1]

Didalam berbagai kitab ahlussunnah dapat dilihat bahwa begitu besar penghormatan Nabi kepada Sayyidah Zahra as putrinya sendiri

كانت إذا دخلت عليه- على‏ رسول اللَّه صلّى اللَّه عليه وآله- قام إليها فقبّلها ورحّب بها وأخذ بيدها فأجلسها في مجلسه

“ketika dia (Sayyidah Zahra as) memasuki majelis Rasulullah saww , Rasulullah saww berdiri dan menciumnya dan memberikan jalan sembari memegang tangannya kemudian dipersilahkan untuk duduk di tempat majelis rasulullah saww”.[2]

Hakim Nisyaburi setelah meriwayatkan hadits ini menegaskan bahwa riwayat ini sahih menurut perawi Bukhari dan Muslim.

Riwayat tersebut menunjukkan betapa tingginya kedudukan Sayyidah Zahra as, sampai dimana tempat duduk Rasulullah saww dipersilahkannya kepadanya.

Dilain hal Rasulullah saww pun dengan terang-terangan bersabda bukan berdasarkan atas hubungan ayah kepada putrinya, tetapi sabda Rasulullah saww ini berlandaskan perintah dari Allah Swt akan kedudukan yang tinggi dari Fatimah Zahra as, di dalam kitab-kitab ahlussunnah banyak sekali meriwayatkan mengenai kedudukan beliau, diantaranya :

1. Wanita yang paling dicintai Rasulullah saww

فاطمة أحبّ إليّ منك وأنت أعزّ عليّ منها

Fatimah adalah orang yang paling aku cintai darimu (wahai Ali as), dan anda (wahai Ali as) disisiku paling Aziz darinya. Haitsami mengomentari hadits tersebut dengan sahih seluruh rijalnya.[3]

2. Sayyidah Fatimah Zahra as adalah pemimpim wanita seluruh alam

فَاطِمَةُ سَيِّدَةُ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ

“Fatimah pemimpin wanita ahli Syurga”[4]

يا فاطمة ، ألا ترضين أن تكوني سيدة نساء العالمين وسيدة نساء هذه الأمة وسيدة نساء المؤمنين

“Yaa Fatimah, apakah engkau tidak rela bahwa engkau adalah pemimpin wanita seluruh alam, dan pemimpin wanita umat ini, dan pemimpin wanita mukminin”, Hadits sahih menurut rijal Bukhari dan Muslim.[5]

3. Sayyidah Fatimah Zahra as adalah buah hati Rasulullah saww

إنّما فاطمة بضعة منّي يؤذيني ما آذاها

“Sesungguhnya Fatimah adalah buah hatiku, barangsiapa yang menyakitinya maka dia menyakitiku”[6]

إنّما فاطمة بضعة منّي يؤذيني ما آذاها وينصبني ما أنصبها

“Sesungguhnya Fatimah adalah buah hatiku, barangsiapa yang menyakitinya maka dia telah menyakitiku, barangsiapa yang memusuhinya, maka dia telah memusuhiku”.[7]

4. Marahnya Fatimah as adalah Marahnya Allah Swt

إن الله يغضب لغضبك ويرضى لرضاك

“Sesungguhnya Allah marah dengan kemarahanmu (Fatimah as) , dan rido dengan keridoanmu”

Hadits ini disahihkan oleh Hakim Nisyaburi didalam Mustadraknya menurut rijal Bukhari dan Muslim[8]

Begitu juga hadits ini terdapat didalam kitab Tahdzib-Tahdzib Ibnu Hajar Atsqalâni, dan dia mengatakan bahwa hadits mengenai kedudukan Fatimah as sangatlah banyak sekali.[9]

5. Sayyidah Fatimah Zahra as termasuk wanita yang pertama Masuk Surga

عن علي رضي الله عنه قال : أخبرني رسول الله صلى الله عليه وسلم : « أن أول من يدخل الجنة أنا وفاطمة والحسن والحسين » قلت : يا رسول الله ، فمحبونا ؟ قال : « من ورائكم »

“Dari Ali as, berkata : Rasulullah saww telah memberitahukanku, : orang –orang yang awal masuk syurga adalah aku , Fathimah, Hasan, Husein, kemudian aku bertanya kembali, Yaa Rasulullah saww bagaimana orang-orang yang mencintai kita, Rasul menjawab : mereka akan masuk syurga setelah kalian semua”

Disahihkan oleh Hakim Nisaburi menurut sanad Bukhari dan Muslim [10]

6. Sayyidah Fatimah Zahra as adalah orang yang paling Benar perkataannya (Siddiq) setelah Rasulullah saww.

ما رأيت أحدا كان أشبه كلاما ، وحديثا من فاطمة برسول الله صلى الله عليه وسلم

Dari Aisyah : “Aku tidak melihat seorangpun yang lebih mirip perkataannya dengan Rasulullah saww, dan haditsnya dari Fatimah as”

Disahihkan oleh Hakim Nisaburi, menurut sanad Bukhari dan muslim[11]

7. Sayyidah Fatimah Zahra as lebih utama dari khalifah yang empat

إنّ فاطمة وأخاها إبراهيم أفضل من الخلفاء الأربعة باتّفاق

Sesungguhnya Fatimah dan saudaranya Ibrahim (yang wafat) lebih utama dari khalifah yang emat dengan ittifaq (kesepatan)

Hal ini disampaikan oleh Alam Arâqi di dalam kitab Faidz Al-Qadir[12]

Dan masih banyak lagi keutamaan Zahra as yang tidak mungkin disebutkan disini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab II

Kemazluman Sayyidah Zahra

 

A. Penyerangan Rumah Sayyidah Zahra as

                Sayyidah Zahra as, dengan berbagai keutamaan dan kedudukannya disisi Tuhannya, tidak lepas dari segala rintangan dan penderitaan yang dialaminya, sebagai cobaan yang berat baginya, baik itu ketika rasulullah menyebarkan Islam di awal-awal turunnya wahyu sampai setelah wafatnya rasulullah saww. Disini kita akan menceritakan sebuah riwayat yang diambil dari kitab-kitab tarikh ahlussunnah mengenai kemazluman Sayyidah Zahra as setalah wafat Rasul saww tercinta. Tulisan ini tidak dilatarbelakangi dengan maksud lainnya kecuali hanya menerangkan hakikat sejarah yang ada, sehingga kesimpulan yang diambil diserahkan kepada para pembaca semua.

a. Penyerangan Rumah Sayyidah Zahra as

1) Tarikh Thabari

حدثنا ابن حميد قال حدثنا جرير عن مغيرة عن زياد بن كليب قال أتى عمر بن الخطاب منزل علي وفيه طلحة والزبير ورجال من المهاجرين فقال والله لاحرقن عليكم أو لتخرجن إلى البيعة فخرج عليه الزبير مصلتا بالسيف فعثر فسقط السيف من يده فوثبوا عليه فأخذوه

“Ibnu Hamîd berkata kepada kami , dia berkata telah berkata kepada kami Jarîr dari Mughairah dari Ziyâd Ibnu Kulaib, dia berkata Umar Ibnu Khaṯṯâb datang ke rumah Ali (as) didalamnya ada Thalhah dan Zubair dan para pemuda dari kaum Muhajirin, Umar berkata : Demi Allah aku akan bakar (rumah ini) jikalau anda tidak keluar untuk membai’at (Abu Bakar), kemudian Zubair keluar sembari menghunus pedang kemudian jatuh pedangnya dari tangannya, kemudian mereka (orang yang bersama Umar) loncat menyergapnya”.[13]

 

Keterangan sanad riwayat:

1. Muhammad Ibnu Hamîd Abû Abdillah Al-Hâfidz

Al-Mazi didalam Tahdzib At-Tahdzib mengatakan:

وقال أبو بكر بن أبي خيثمة: سئل يحيى بن معين عن محمد بن حميد الرازي فقال: ثقةليس به بأس، رازي كيس.

وقال أبو العباس  بن سعيد: سمعت جعفر بن أبي عثمان الطيالسي يقول: ابن حميد ثقة.

“Abu Bakar berkata : Yahya Ibnu Mu’în ditanyakan mengenai Muhammad Ibn Hamîd Ar-Râzi, dia menjawab : dia adalah tsiqqat , tidak masalah menggunakan haditsnya, cerdas.

Abu Abbas Ibnu Sa’îd berkata : Aku mendengar Ja’far Ibnu Abi Utsmân At-Thayâlisi berkata : Ibnu Hamîd Tsiqqat”[14]

2. Jarir Ibnu Abdul Hamîd (wafat tahun 188 H)

– yang pernah meriwayatkannya Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah

– Ibnu Sa’d didalam At_thabaqât Al-Kubra mengetakan :

كان ثقة كثير العلم

“dia adalah Tsiqqat, banyak Ilmu”[15]

-Al-‘Ajli mengatakan didalam ktab Makrifat At-Tsiqât

كوفي ثقة

“Ahli Kûfah dan Tsiqat”[16]

-Ibnu Hajar Atsqâlâni di dalam kitab Taqrîb At-Tahdzîb

ثقة صحيح الكتاب

“Dia adalah Tsiqqat , sahih kitabnya”

3. Al-Mughîrah, dia adalah Ibnu Maqsam Ad-Dhabi

– Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah telah meriwayatkan darinya

– Al-Mazi mengatakan didalam kitab Tahdzibnya

قال أحمد بن سعد بن أبي مريم عن يحيى بن معين ثقة مأمون وقال أبو حاتم عن يحيى بن معين ما زال مغيرة أحفظ من حماد بن أبي سليمان وقال عبد الرحمن بن أبي حاتم سألت أبي فقلت مغيرة عن الشعبي أحب إليك أم بن شبرمة عن الشعبي فقال جميعا ثقتان وقال العجلي مغيرة ثقة فقيه الحديث

“Ahmad Ibnu sa’d Ibni Abi Maryam dari Yahya Ibnu Mu’în dia adalah Tsiqqat terpercaya, Abu Hâtim dari Yahya Ibnu Mu’în dia Mughîrah lebih kuat hapalannya dari Hamâd ibnu abi sulaiman, Abdurrahman Ibnu Abi Hâtim berkata aku bertanya kepada ayahku apakah riwayat Mughîrah dari Sya’bi lebih kau sukai atau Umm Ibnu Syubrumah, ayahku menjawab seluruhnya Tsiqât, ‘Ajli berkata Mughîrah Tsiqat seorang Faqih Hadits…”[17]

4. Ziyâd Ibnu Kulaib dia adalah At-Tamîmi Al-Hadzali

– Ad-Dzahabi didalam Al-Kâsyif

حافظ متقن

“Seorang yang Hafidz dan bertakwa”[18]

-Ibnu Hajar atsqalâni mengatakan didalam Taqrîb

ثقة

“dia adalah Tsiqqat”[19]

 

2) Al-Balâdziri di dalam kitabnya Ansâb Al-Asyrâf

 المدائني، عن مسلمة بن محارب، عن سليمان التيمي وعن ابن عون إن أبابکر آرسل إلي علي يريد البيعة ، فلم يبايع ، فجاء عمر و معه فتيلة . فتلقته فاطمة علي الباب فقالت فاطمة : يابن الخطاب ! أتراک محرّقا عليّ بابي ؟! قال : نعم ، و ذلک أقوي فيما جاء به أبوک

“Sesungguhnya Abu Bakar Mencari Ali (as) untuk menyatakan bai’atnya, dan Ali tidak berbai’at, kemudian Umar datang membawa obor api, kemudian Fatimah (as) ada didepannya, dibelakang pintu , Fatimah (as) berkata : Wahabi putra Khaṯâb, apakah anda menginginkan membakar pintu rumahku, Umar menjawab : benar, dan hal ini lebih kuat (bakarannya) dari yang dibawa ayahmu”

Keterangan penulis

Ad-Dzahabi didalam Siar ‘Alâm An-Nubala

البلاذري العلامة ، الأديب ، المصنف، أبو بكر، أحمد بن يحيى بن جابر البغدادي البلاذري، كاتب، صاحب التاريخ الكبير

“Al-Baladziri seorang yang berpengetahuan lebih, ahli sastra, penulis besar, Abu Bakar Ahmad Ibnu Yahya Ibnu Jâbir Al-Baghdâdi Al-Balâdziri, penulis kitab sejarah”

Keterangan Sanad Riwayat :

1. Al-Madâini

Ad-Dzahabi didalam Siar A’lâm An-Nubala

المدائني * العلامة الحافظ الصادق أبو الحسن علي بن محمد بن عبد الله بن أبي سيف المدائني الاخباري . نزل بغداد ، وصنف التصانيف ، وكان عجبا في معرفة السير والمغازي والأنساب وأيام العرب ، مصدقا فيما ينقله ، عالي الاسناد …قال يحي بن معين ثقة ثقة ثقة.

“Al-Madâini* ‘Alâmah Al-Hâfidz As-Shâdiq Abu Al-Hasan Ali Ibni Muhammad Ibni Abdillah Ibni Abi Saif Al-Madâini Al-Akhbâri, lahir di Baghdâd, banyak menulis, sangat kuat dalam memahami sejarah, sejarah peperangan, Nasab, dan……berkata Yahya Ibnu Mu’în bahwa dia Tsiqat, tsiqat, tsiqat” [20]

2. Maslamah Ibnu Mahârib

Ibnu Hibbân didalam kitabnya At-Tsiqât[21]

مسلمة بن محارب الزيادي يروى عن أبيه عن معاوية روى عنه إسماعيل بن علية

3. Sulaimân At-Taimi

Ibnu Hajar Atsqalâni menuliskan didalam Taqrib

قال الربيع بن يحيى عن سعيد ما رأيت أحدا أصدق من سليمان التيمي وقال أبو بحر البكراوي عن شعبة شك ابن عون وسليمان التيمي يقين.وقال عبدالله بن احمد عن أبيه ثقة وهو في أبي عثمان أحب إلي من عاصم الاحول وقال ابن معين والنسائي ثقة وقال العجلى تابعي ثقة فكان من خيار أهل البصرة

“Ar-Rabî’ Ibnu Yahya dari Sa’îd, aku tidak melihat orang yang lebih  jujur dari Sulaimân At-Taimi, Abu Bahar Al-Bakrâwi dari Sya’bah mengatakan aku ragu dengan Ibnu ‘Aun, tetapi yakin (dengan ketsiqatan) At-Taimi, Abdullah Ibnu Ahmad dari ayahnya mengatakan bahwa dia Tsiqat…. Abnu Mu’în dan An-Nasâi berkata bahwa dia adalah Tsiqat, Al-‘Ajli dia adalah tabi’i Tsiqat, dan dia adalah yang terbaik dari ahli Bashrah”[22]

3. Ibnu ‘Aun

Ibnu Hajar mengatakan didalam Taqrîb

ثقة، ثبت، فاضل، من أقران أيوب في العلم و العمل و السن

“dia adalah tsiqat, hujjah, keutamaah, yang sepadan dengan Ayûb didalam keilmuan, amal dan umur”[23]

 

 

3) Ibnu Qutaibah Ad-Dînûri

وإن أبا بكر رضي الله عنه تفقد قوما تخلفوا عن بيعته عند علي كرم الله وجهه ، فبعث إليهم عمر ، فجاء فناداهم وهم في دار علي ، فأبوا أن يخرجوا فدعا بالحطب وقال : والذي نفسه عمر بيده . لتخرجن أو لأحرقنها علي من فيها ، فقيل له : يا أبا حفص ، إن فيها فاطمة ؟ فقال : وإن

“Sesungguhnya Abu Bakar ra mendatangi kaum yang menolak bai’at kepadanya bersama Ali Kw, kemudian dia mengutus Umar, ketika Umar datang dia memenggil mereka yang ada di rumah Ali, mereka menolak untuk keluar dari rumah tersebut, kemudian Umar mengancam dengan kayu bakar, dan berkata: demi Tuhan yang mana jiwa Umar ad ditanyanNya, keluarlah kalian semua atau kubakar semua yang ada didalamnya, kemudian orang didalam mengatakan : wahabi Aba Hafsah (Umar), sesungguhnya didalamnya ada Fatimah (as) (putri rasulullah saww)? Umar menjawab : walaupun (ada putri rasulullah tetap saya akan bakar)”[24]

Keterangan penulis:

–          Khatib Al-Baghdâdi didalam târikh Al-Baghdâdi mengatakan :

و كان ثقة ديناً فاضلاً

“dia (Ibnu Qutaibah) adalah tsiqat agama dan keutamaannya”[25]

–          Ibnu Nadin mengatakan didalam Al-Fehrest

كان صادقا فيما يرويه

“dia (Ibnu Qutaibah) adalah shadiq (jujur) dengan apa yang diriwayatkannya”[26]

–          Ibnu Hajar didalam Lisân Al-Mizân

قال ابن حزم كان ثقة في دينه و علمه، ثم ذكر توثيق النديم له

“Ibnu Hazm mengatakan dia (Ibnu Qutaibah) Tsiqat didalam agama dan ilmunya, kemudian Ibnu Hazm menyebutkan pentsiqatan kepadanya (Ibnu Qutaibah) dari Nadîm”[27]

 

Nisbat Kitab Al-Imamah wa As-Siyâsah kepada Ibnu Nadîm:

–          Kheiruddin Az-Zarkali mengatakan

من كتبه ” تأويل مختلف الحديث – ط ” و ” أدب الكاتب – ط ” و ” المعارف – ط ” وكتاب ” المعاني – ط ” ثلاثة مجلدات، و ” عيون الاخبار – ط ” و ” الشعر والشعراء – ط ” و ” الامامة والسياسة – ط “

“diantara kitab-kitabnya…dan Al-Imâmah wa As-Siyâsah”[28]

–          Sir Kîs mengatakan didalam Mu’jam Al-Maṯbû’ât Al-‘Arabiah

والمؤلفات المشهورة فمنها غريب القرآن وغريب الحديث ومشكل القرآن ومشكل الحديث ودلائل النبوة… ووضع له فهارس باخره  الامامة والسياسة

 “(Ibnu Qutaibah) memiliki tulisan yang masyhur diantaranya…Al-Imâmah wa As-Siyâsiah”[29]

 

 

–          Farîd Wajdi didalam Dâiratu Al-Ma’ârif Al-Qarn wa Al-‘Isyrîn

.. كتاب الامامة و السياسة لابى محمد عبدالله بن مسلم الدينورى المتوفى سنة 270 ه

“Kitab Al-Imâmah wa As-Siyâsiyah yang ditulis oleh Muhammad Abdullah Ibni Muslim Ad-Dînûri yang wafat tahun 270 Hijriah”[30]

 

4) Mas’ûd As-Syafei didalam kitab Itsbât Al-Washiah

فهجموا عليه وأحرقوا بابه ، واستخرجواه منه كرهاً ، وضغطوا سيّدة النساء بالباب حتّى أسقطت محسناً

“Mereka (Umar dkk) menyerang (rumah Fatimah as) dan membakar pintunya, dan memaksa mereka keluar, serta mendesak Sayyidatunnisa (Fatimah as) di(belakang )pintu sampai gugur Muhsin (yang ada didalam kandungan Fatimah as”[31]

 

Sebagian menuduh dia Syiah tetapi dia adalah mazhab Syafei bukan Syiahm tidak ada yang pernah menyebutkan hal itu bahkan Adzahabi mengatakan dia seorang alamah

Ad-Dzahabi mengatakan didalam Tarikh Al-Islam

قيل إنه من ذرية ابن مسعود رضي الله عنه. عداده في البغداديين، وأقام) بمصر مدة. وكان إخبارياً علامة صاحب غرائب

“Sebagian mengatakan dia dari keturunan Ibnu Mas’ûd ra… dia adalah ahli khabar dan Alamah penulis Gharâib”[32]

 

5) Ibnu Abi Al-Hadîd Al-Mu’tazili didalam Syarah Nahjul Balaghah

قال أبو بكر : وقد روي في رواية أخرى أن سعد بن أبي وقاص كان معهم في بيت فاطمة ع والمقداد بن الاسود أيضا وأنهم إجتمعوا على أن يبايعوا عليا ع فأتاهم عمر ليحرق عليهم البيت فخرج إليه الزبير بالسيف وخرجت فاطمة ع تبكي وتصيح فنهنهت

”Abu Bakar Al-Jauhari mengatakan :” diriwayatkan didalam riwayat lainnya bahwa Sa’d ibnu Abi Waqâs, bersama mereka di rumah Fatimah as, dan Miqdâd ibni Al-Aswâd juga didalamnya, mereka berkumpul untuk membaiat Ali as, Umar datang (didepan rumah Fatimah as) untuk membakar rumah Fatimah as, kemudian Zubair keluar dengan menghunus pedang, lalu Fatimah as juga keluar dalam keadaan menangis sambil berteriak …”[33]

Didalam halaman lainnya

قال أبو بكر : وحدثنا أبو زيد عمر بن شبة قال : أخبرنا أبو بكر الباهلي قال : حدثنا إسماعيل بن مجالد عن الشعبي قال : سأل أبو بكر فقال : أين الزبير ؟ فقيل : عند علي وقد تقلد سيفه فقال : فقم يا عمر قم يا خالد بن الوليد إنطلقا حتى تأتياني بهما فإنطلقا فدخل عمر وقام خالد على باب البيت من خارج فقال عمر للزبير : ما هذا السيف ؟ فقال : نبايع عليا فإخترطه عمر فضرب به حجرا فكسره ثم اخذ بيد الزبير فأقامه ثم دفعه وقال : يا خالد دونكه فأمسكه ثم قال لعلي : قم فبايع لابي بكر فتلكأ وإحتبس فأخذ بيده وقال : قم فأبى أن يقوم ، فحمله ودفعه كما دفع الزبير ، فأخرجه ، ورأت فاطمة ما صنع بهما ، فقامت على باب الحجرة ، وقالت : يا أبا بكر ، ما أسرع ما أغرتم على أهل بيت رسول الله ! والله لا أكلم عمر حتى القى الله .

 

“Abu Bakar Al-Jauhari mengatakan : …dari As-Sya’bi berkata : Abu Bakar berkata : dimana Zubair? Dikatakan : dia disisi Ali dan menghunus pedangnya, lalu Abu Bakar berkata : bangkit wahabi Umar, maju wahabi Khâlid Ibnu Al-Walîd, pergi kalian berdua sampai kaliam membawa keduanya (Ali as dan Zubair), lalu keduanya pergi, Umar memaksakan masuk dan Khalid berdiri didepan pintu luar, Umar berkata kepada Zubair: Untuk apa hunusan pedang itu ?  Zubair berkata : kami akan membaiat Ali, lalu Umar menghadangnya dan memukulnya dengan batu dan mengalahkannya, kemudian memegang tangan Zubair lalu mengangkatnya dan mendorongnya, dan berkata : Wahai Khâlid pegang dia(Zubair) dan ikatlah, kemudian Umar berkata kepada Ali : baiatlah Abu Bakar walaupun telat, dia berhenti berbicara, lalu menahan tangannya dan berkata :berdiri (baiatlah) dia (Ali as) menolak untuk berbaiat, kemudian Umar membawanya dan mendorongnya seperti yang dilakukan kepada Zubair, dan membawanya keluar, Fatimah as menilhat apa yang dilakukan Umar kepada mereka berdua, kemudian Fatimah as berdiri  di depan pintu rumahnya, dan berkata : wahai Abu Bakar, sangat gegabah kalian atas prilaku kalian kepada Ahlulbait Rasulullah saww! Demi Allah aku tidak akn berbicara kepada Umar sampai bertemu dengan Allah”[34]

 

Keterangan penulis Ibnu Abi Al-Hadîd :

*) keterangan Ulama Syiah

–          Ibnu Abi Hadid bukanlah syiah tapi dia adalah suni Muktazilah seperti yang dikatakan Khansâri.[35]

–          Al-Qummi didalam kitab Al-Kanna wa Al-Alqâb menceritakan bahwa Muktazilah bukanlah Syiah, Karena berbeda dalam melihat kekhalifahan dan banyak hal lainnya.[36]

*) keterangan Ulama Suni

– Ibnu Khalkân mengatakan didalam Wafiyât Al-A’yân

عز الدين ابن أبي الحديد: الفوات 1: 519، ذيل مرآة الزمان 1: 62، ابن الشعار 4: 213 وقال: عبد الحميد بن أبي الحديد كاتب فاضل أديب ذو فضل غزير وأدب وافر وذكاء باهر، خدم في عدة أعمال سواداً وحضرة، آخرها كتابة ديوان الزمام. تأدب على الشيخ أبي البقاء العكبري ثم على أبي الخير مصدق ابن شبيب الواسطي، واشتغل بفقه الإمام الشافعي وقرأ علم الأصول، وكان أبوه يتقلد قضاء المدائن، وله كتاب العبقري الحسان في علم الكلام والمنطق والطبيعي والأصول والتاريخ والشعر؛ وراجع صفحات متفرقة من الحوادث الجامعة.

“Azz Ad-Dîn Ibnu Abi Al-Hadîd: …’Abdu Al-Hamîd seorang penulis, yang Utama dalam masalah sastra arab, yang memiliki keutamaan dan kemuliaan dan yang kaya dengan Adab, yang cerdas dan cemerlang…bermazhab dengan fiqih Imam Syafei…” [37]

*)Ketsiqatan Ibnu Abi Hadîd

– Ad-Dzahabi mengatakan didalam Siar A’lâm An-Nubala

الموفق * قاسم بن هبة الله بن محمد بن محمد بن أبي الحديد المدائني، ثم البغدادي، الاصولي، الاديب، صاحب الانشاء، ويدعى أحمد.

أجاز له عبد الله بن أبي المجد.

أخذ عنه الدمياطي شعرا.

مات في وسط  سنة ست وخمسين، فرثاه أخوه عز الدين عبد الحميد ، ثم مات بعده بقليل في العام، وكانا من كبار الفضلاء وأرباب الكلام والنظم والنثر والبلاغة، والموفق أحسنهما عقيدة، فإن العز معتزلي، أجارنا الله !

Didalam menyebutkan tarhamah saudaranya almuwaffaq Ad-Dzahabi mengatakan :

“Dan keduanya (Al-Muwaffaq, dan Abi Al-Hadîd adalah orang besar dan memiliki keutamaan, yang banyak pandangan dan syair, prosa, dan balaghah, Al-Muwaffaq yang lebih baik aqidahnya dari keduanya, akan tetapi Al-Azz Abi Al-Hadîd seorang Muktazilah”[38]

 

6) Ibnu Abi Rabbihi  didalam kitab Al-‘Aqd Al-Farîd

الذين تخلّفوا عن بيعة أبي بكر: علىّ والعباس، والزبير، وسعد بن عبادة، فأمّا على والعباس والزبير فقعدوا فى بيت فاطمة حتّى بعث اليهم أبو بكر عمر بن الخطاب ليخرجوا من بيت فاطمة وقال له: إن أبوا فقاتلهم . فأقبل عمر بقبس من نار على أن يضرم عليهم الدار فلقيته فاطمة فقالت: يابن الخطاب ! أجئت لتحرق دارنا ؟ قال : نعم أو تدخلوا فيما دخلت فيه الأمة .

“Orang-orang yang menolak berbai’at kepada Abu Bakar: Ali (as) dan Abbâs, Zubair, Sa’d Ibnu ‘Ibâdah, oleh sebab itu Ali (as) Abbâs dan Zubair berkumpul di rumah Fâtimah (as) sampai dimana Abu Bakar mengutus Umar Ibnu Khaṯâb supaya mereka keluar dari rumah Fatimah (as), Abu Bakar berkata kepada Umar: Jikalau mereka menolak keluar (untuk berbai’at) maka perangilah mereka, kemudian Umar datang dengan membawa api unggun untuk menyalakan rumahnya, akan tetapi (dibelakang pintu ) bertemu Fatimah as, dan berkata kepada Umar : wahai Ibnu Khaṯâb! Apakah engkau datang untuk membakar rumah kami?, Umar menjawab : Benar akan kubakar jikalau mereka tidak berbai’at seperti yang dilakukan umat berbai;at, ….”[39]

Keterangan penulis

–          Ad-Dzahabi  didalam Siar A’lâm An-Nubala

 

ابن عبد ربه * العلامة الاخباري، صاحب ” كتاب العقد ” أبو عمر أحمد بن محمد بن عبد ربه بن حبيب بن حدير المرواني مولى أمير الاندلس هشام بن الداخل الاندلسي القرطبي.سمع بقي بن مخلد، وجماعة.وكان موثقا نبيلا بليغا شاعرا

“Ibnu Abdi Rabbihi adalah seorang Alâmah sastra  dan akhbâr, penulis kitab “’Aqd Faraid” namanya Abu Umar Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Abdu Rabbihi Ibnu Hamîb Ibnu Hadîr al-Marwâni maula Amîr Al-Andalusi Hisyâm Ibnu Ad-Dâkhil Al-Andalusi Al-qurṯûbi, Baqi Ibnu Mukhallad mendengar dan Jama’ah bahwa dia adalah Muawatsâq, pandai , ahli balaghah, penyair”[40]

–          Yâfe’i di dalam kitab Mar’ât Al-Jinân

كان راس العلماء المكثرين و الاطلاع على أخبار الناس

“dia adalah kepala ulama, yang banyak pengetahuan dalam berita atau khabar masyarakat”[41]

–          As-Shafadi didalam kitab Al-Wâfi bi Al-Wâfiyât

كان له بالعلم جلالة و بالأدب رئاسة و شهر مع ديانته و صيانته

“dia memiliki ilmu yang banyak dan adab yang tinggi dan masyhur dengan agama dan menjaga diri”[42]

 

 

7) Hazâbah didalam kitab Al-Gharar

روى ابن خزبانة عن زيد بن أسلم : كنت من حمل الحطب مع عمر إلى باب فاطمة حين امتنع علي ة أصحابه من البيعة، فقال عمر للفاطمة: اخرجي كل من في البيت أو لأحرقنه و من فيه! قال : و كان في البيت علي و فاطمة و الحسن و الحسين و جماعة من أصحاب النبي (ص)، فقالت فاطمة : أفتحرق علي و ولدي!!، فقال عمر : إي و الله ، ليخرجنّ و ليبايعنّ!!

“Ibnu Hanzâbah meriwayatkan dari Zaid Ibnu Aslam, aku salah seorang yang membawa kayu bakar bersama umar didepan pintu Fatimah (as) ketika itu Ali dan para sahabatnya menolak bai’at, kemudian Umar berkata kepada Fatimah (as): keluarkanlah mereka (wahai Fatimah (as)) semua yang ada di rumah atau aku bakar semua yang ada didalamnya, perawi berkata : dan pada saat itu dirumah Fatimah (as) terdapat Ali (as), Fatimah (as), Hasan (as), Husein (as), dan kelompok dari sahabat nabi saw, kemudian Fatimah (as) berkata : apakah engkau (wahai Umar) akan membakar Ali (as) dan putraku??, Umar berkata : Ya, Demi Allah, supaya mereka keluar dan berbai’at”[43]

Keterangan penulis

–          Ad-Dzahabi didalam Tarikh Islam

وقال السلفي: كان أبو الفضل بن حنزابة من الثقات الحفاظ المتبجحين بصحبة أصحاب الحديث، مع جلالة ورئاسة

“dan berkata As-Salfi: Abu Al-Fadhl Ibnu Hanjâbah salah satu dari tsiqât dan penghapal …”[44]

–          Sam’âni didalam kitab Al-Ansâb

أبو الفضل جعفر بن الفضل بن جعفر بن محمد بن الفرات، الوزير المعروف بابن حنزابة البغدادي، أحد الحفاظ كان كثير السماع، حسن العقل، ذا رأي وشهامة وله أنعام في حق أهل العلم

“Abu Al-Fadhl Ja’far Ibn Al-Fadhl Ibnu Ja’far Ibnu Muhammad Ibnu Al-Furât, seorang wazir yang makruf dengan Ibnu Hanzâbah Al-Baghdâdi, salah satu penghapal , dan banyak pengetahuan, akal yang baik, memiliki pandangan yang baik, keberanian, dan baginya berhak disandang sebagai ahli Ilmu”[45]

 

 

–          Ibnu Atsîr di dalam kitab Al-Lubâb

أبو الفضل جعفر بن الفضل بن جعفر بن محمد بن الفرات الوزير المعروف بابن حنزابه كان كثير السماع عظيم الرياسة محسنا إلى العلماء ولي الامر بمصر وقصده العلماء من كل ناحية وبسببه سار الدارقطني الإمام إلى مصر

“Abu Al-Fadhl Ja’far Ibnu Al-Fadhl Ibnu Ja’far Ibnu Muhammad Ibnu Al-Furât seorang wazir yang makruf dengan Ibnu Hanzâbah adalah orang yang banyak ilmu yang besar dan kepemimpinan yang baik dari para ulama, pemimpin di negeri Mesir…”[46]

 

Keterangan perawi  zaid Ibnu Aslam dia adalah Al-Qarsyi, Al-‘Adwi, Abu Asah, Abu Abdullah Al- bahwa dia adalah Al-Madani seorang Faqih dan budaknya Umar Ibnu Khatab.

–          Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah telah menggunakannay sebagai perawi

–          Al-Mazi dida lam kitab Tahdzîb mengatakan :

قال عبد الله بن أحمد بن حنبل عن أبيه وأبو زرعة وأبو حاتم ومحمد بن سعد والنسائي وبن خراش ثقة وقال يعقوب بن شيبة ثقة من أهل الفقه والعلم

“Abdullah Ibnu Ahmad Ibnu Hanbal berkata dari ayahnya dan Abu Zar’ah dan Abu Hâtim dan Muhammad Ibnu sa’d dan An-Nasâi, dan Ibnu Kharrâs dia adalah Tsiqat, dan Ya’qûb ibnu Syaibah mengatakan dia adalah Tsiqat dan ahli Fiqh dan ilmu”[47]

 

–          Ibnu Hajar didalam kitab Taqrib

زيد بن أسلم العدوي مولى عمر أبو عبد الله وأبو أسامة المدني ثقة عالم وكان يرسل من الثالثة مات سنة ست وثلاثين ع

“Zaid Ibn Aslam Al-‘Adwi budaknya Umar namanya Abu Abdillah dan Abu Asâmah Al-Madani seorang yang Tsiqat, berilmu, …”[48]

 

8) Imâm Jûini

وَ أَنِّي لَمَّا رَأَيْتُهَا ذَكَرْتُ مَا يُصْنَعُ بِهَا بَعْدِي كَأَنِّي بِهَا وَ قَدْ دَخَلَ الذُّلُّ في بَيْتَهَا وَ انْتُهِكَتْ حُرْمَتُهَا وَ غُصِبَتْ حَقَّهَا وَ مُنِعَتْ‏ إِرْثَهَا وَ كُسِرَ جَنْبُهَا [وَ كُسِرَتْ جَنْبَتُهَا] وَ أَسْقَطَتْ جَنِينَهَا وَ هِيَ تُنَادِي يَا مُحَمَّدَاهْ فَلَا تُجَابُ وَ تَسْتَغِيثُ فَلَا تُغَاثُ … فَتَكُونُ أَوَّلَ مَنْ يَلْحَقُنِي مِنْ أَهْلِ بَيْتِي فَتَقْدَمُ عَلَيَّ مَحْزُونَةً مَكْرُوبَةً مَغْمُومَةً مَغْصُوبَةً مَقْتُولَة

Rasulullah bersabda: “Aku ketika melihatnya teringat apa yang telah terjadi dengannya (Fatimah as) setelahku seolah-olah aku bersamanya, telah masuk bahaya yang hina dirumahnya, kehormatannya rusak dengan hal itu, di ambil haknya, dilarang warisannya, dan patah tulang rusuknya, dan gugur janinnya, dan dia (Fatimah as) memangging Ya Muhammadaaa, dan tidak dijawab, dan memohon dan tidak dijawab… dan dia adalah orang yang pertama menyusulku dari Ahlulbaitku, kemudian Ali tertinggal dengan keadaan bersedih , duka, terampas haknya dan terbunuh”[49]

 

9) Banyak dari penyair Arab yang menceritakan kejadian tersebut, sebab hal tersebut sudah menjadi makruf dikalangan arab pada saat itu, sehingga para penyairpun merekam kejadian memilukan tersebut dengan syair-syairnya, salah satunya dari Muhammad Hâfidz Ibrahim

وقولة لعلي قالها عمر أكرم             بسامعها أعظم بملقيها

 

حرقت دارك لا أبقي عليك بها         إن لم تبايع وبنت المصطفى فيها

 

ما كان غير أبي حفص بقائلها         أمام فارس عدنان وحاميها .

 

“Dan perkataan Umar kepada Ali (as) kepada para pendengar yang budiman hal yang penting”

“Umar berkata : Aku telah membakar (pintu) rumahmu, dan tidak tersisa seorangpun didalamnya, walaupun Putri Mushtafa (rasul) (akan kubakar) jikalau kamu tidak berbaiat”

“Tidak ada yang berani melakukan hal tersebut kecuali Abu Hafsah (Umar) bersama prajurit dan pejaga”

 

Dan masih banyak lagi ulama Ahlussunnah yang menceritakan kejadian tersebut diantaranya :

9) Abu Walîd Muhammad Ibnu Syahnah Al-Hanafi (mazhab Hanafi)

ثم إن عمر جاء إلى بيت علي ليحرقه على من فيه فلقيته فاطمة ( عليها السلام ) . فقال : ادخلوا فيما دخلت فيه الأمة .

“Kemudaian sesungguhnya Umar datang kerumah Ali untuk membakar yang ada didalamnya, kemudian bertemu Fatimah (as) dan Umar berkata : berbaiatlah semua, seperti umat berbaiat (kepada Abu Bakar)”[50]

 

10) Ibnu Al-Fidâ (732 H) di dalam kitabnya

                           ثم إن أبا بكر بعث عمر بن الخطاب إلى علي ومن معه ليخرجهم من بيت فاطمة رضي الله عنها وقال إن أبوا فقاتلهم فأقبل عمر بشئ من نار على أن يضرم الدار فلقيته فاطمة رضي الله عنها وقالت إلى أين يا بن الخطاب أجئت لتحرق دارنا قال نعم أو تدخلوا فيما دخل فيه الأمة

“Kemudian sesungguhnya Abu Bakar mengutus Umar ibnu Khatâb untuk ke rumah Ali (as) dan orang yang bersamanya untuk keluar dari rumah Fatimah ra dan berbaiat, dan jikalau mereka menolak maka perangilah (wahai umar) , dan Umar membawa obor api untuk membakar (pintu) rumah kemudian bertemu dengan Fatimah ra(as), dan berkata : untuk apa engkau lakukan wahai Ibnu Khatâb, apakah engkau datang untuk membakar rumah kami, Umar menjawab : benar, jikalau mereka tidak berbaiat seperti umat telah berbaiat kepada Abu Bakar”[51]

 

11) Maqâtil Ibnu ‘Athiyah (505 H)

ان ابابكر بعد ما اخذ البيعة لنفسه من الناس بالارحاب و السيف و القوة ارسل عمر، و قنفذاً و جماعة الى دار على و فاطمه(عليهما السلام) و جمع عمر الحطب على دار فاطمة(عليها السلام) و احرق باب الدار .

“Abu Bakar setelah dibaiat untuk dirinya dari umat dengan sukarela dan pedang(paksaan) dan kekuatan, kemudian dia mengutus Umar dengan sekelompok orang (prajurit) ke rumah Fatimah (as), lalu Umar mengumpulkan katu bakar didepan pintu Fatimah (as), dan membakar pintu rumah”[52]

12) Ibnu Abdu Al-Barr Al-Qurṯûbi (368-463 H)

فقالت لهم: إن عمر قد جاءني وحلف لئن عدتم ليفعلن وايم الله ليفين بها

“Fatimah (as) berkata kepada mereka (yang berkumpul dirumah Fatimah) : Sesungguhnya Umar telah datang kepadaku (didepan pintu rumah), dan bersumpah jikalau beberapa kali datang (ke rumah Fatimah as maka) dia akan melakukannya, dan demi Allah dia akan melaksanakannya (pembakaran)”[53]

13) Ibnu Abi Syaibah di dalam Mushannaf

Teksnya seperti di no 12[54]

 

Begitu juga ulama dan penulis mutaakhir menuliskan peristiwa tersebut didalam kitabnya:

14) Muhammad Ridha Kahâlah

وتفقد أبو بكر قوماً تخلفوا عن بيعته عند علي بن أبي طالب كالعباس، والزبير وسعد بن عبادة فقعدوا في بيت فاطمة، فبعث أبو بكر إليهم عمر بن الخطاب، فجاءهم عمر فناداهم وهم في دار فاطمة، فأبوا أن يخرجوا فدعا بالحطب، وقال: والذي نفس عمر بيده لتخرجن أو لأحرقنّها على من فيها. فقيل له: يا أبا حفص إنّ فيها فاطمة، فقال: وإن….

“ Abu Bakar kehilangan baiat sebuah kaum yang menolak baiatnya dan mereka ada di rumah Ali Ibnu Abi Thâlib (as), seperti Abbâs, Zubair, Sa’d Ibn Ibâdah, dan mereka berkumpul di rumah Fatimah as, kemudian Abu Bakar mengutus Umar Ibnu Khaṯâb, dan datang didepan rumah (Fatimah as), dan memanggil mereka, dan mereka didalam rumah, kemudian mereka menolak untuk keluar berbaiat, kemudian Umar mengancam dengan kayu bakar, dan berkata : Demi Dzat yang jiwa Umar ada ditanganNya, keluarlah kalian semua atau aku bakar rumah ini dan semua yang ada didamnya, kemudian dikatakan kepadanya dari seseorang: Wahai Abu Hafsah (Umar), sesungguhnya didalamnya ada Fatimah (as), Umar menjawab : walaupun (ada Fatimah as akan kubakar)”[55]

 

15) Abdu Al-Fattâh Abdu Al-Maqshûd, didalam kitabnya Al-Imam Ali Ibnu Abi Thâlib

إنّ عمر قال : والذي نفسي بيده ، ليخرجنَّ أو لأخرقنّها علي من فيها … ! قالت له طائفة خافت الله ورعت الرسول في عقبة : يا أبا حفص ! إن فيها فاطمة … ! فصاح لا يبالي : و إن … ! واقترب وقوع الباب ، ثم ضربه واقتحمه … وبدا له عليّ … . ورنّ حينذاك صوت الزهراء عند مدخل الدار … فإن هي إلاّ رنة استغاثة أطلقتها : يا أبت رسول الله …

“Sesungguhnya Umar telah berkata (pada saat penyerbuan rumah Fatimah as) : Demi yang jiwaku ada ditanganNya: Keluarlah (kalian semua) atau kubakar semua yang ada dialamnya (rumah)…!lalu segolongan orang yang takut kepada Allah dan memperhatikan  kehormatan Rasulullah saww dikalangan keluarganya berkata : Wahai Abu Hafs (Umar)! (janganlah lakukan hal itu) sesungguhnya didalamnya adalah Fatimah (as) (Putri Rasul saww)…! kemudian Umar berteriak tidak memperhatikan ucapan tersebut : walaupun (didalamnya ada putri rasulullah saww)…! kemudian Umar mendekati pintu rumah (Fatimah as), dan memukul pintu dan mendobraknya… lalu datanglah Ali(as)…kemudian pada saat itu terdengar suara teriakan Zahra (as)…karena sesungguhnya Fatimah pada saat itu berteriak beristighasah : Wahai ayahku Rasulullah…”[56]

 

*) keterangan penulis:

seorang cendekiawan yang masyhur di Mesir, lahir di Iskandariah Mesir 1912 Masehi, beliau telah menempuh jenjang pendidikannya didalam jurusan sejarah Islam di Mesir, dan bekerja di daftar wakil presiden Hasan Ibrahim, dan juga beliau adalah mudir perpustakaan wakil kementrian, dan pengasas penulisan di majalah “Al-Hadits” , dan terakhir dia seorang pemimpin daftar wakil pertama mentri Mesir Muhammad Shadaqi Sulaimân.

 

 

B. Keguguran Janin yang bernama “Muhsin”

Pembahasan ini adalah pembahasan yang sangat penting bagi umat Islam, sebab selama ini umat Islam merasa asing dengan nama Muhsin Ibnu Ali as, kenapa dia meninggal, dan bagaimana kejadiannya, maka saya bagi pembahasan dalam tiga bagian :

I. Keterangan Ulama Suni mengenai keberadaan Muhsin putra Ali as

II. Keterangan Ulama Suni mengenai gugurnya Muhsin dalam keadaan janin

III. Sebab gugur janin Muhsin

Mari kita lihat dan berkenalan dengan Muhsin Ibnu Ali as

 

I. Keterangan Ulama Suni mengenai keberadaan Muhsin putra Ali as

1) Ibnu Ishâq (wafat 151 H) berkata didalam kitab Ibnu Katsir Al-Bidayah wa An-Nihayah

فولدت فاطمة لعلي حسناً، حسيناً، و محسناً، و مات صغيرا وأم كلثوم وزينب

“Fatimah (as) melahirkan dari Ali (as) Hasan (as), Husein (as), Muhsin (as), dan dia meninggal ketika kecil, Ummu Kulsum dan Zainab”[57]

2) Ibnu Qutaibah (wafat 276 H) berkata didalam kitab Al-Ma’ârif

ولد لعي : الحسن، و الحسين، و محسن

“Putra dari Imam Ali (as): Al-Hasan, Al-Husein, Muhsin”[58]

3) Al-Ya’qûbi (wafat 292 H) didalam kitab Târikh Ya’qûbi

وكان له من الولد الذكور أربعة عشر ذكرا: الحسن، والحسين، ومحسن، مات صغيرا، أمهم فاطمة بنت رسول الله،

“Padanya (Ali as) memiliki putra laki-laki 14 orang : Hasan (as), Husein (as) dan Muhsin yang meninggal semenjak kecil, yang mana ibunya adalah Fatimah (as) putri Rasulullah saww…”[59]

4) Tabari (wafat 310 H) didalam kitabnya Târikh Al-Umam wa Al-Muluk

فأول زوجة تزوجها فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه و سلم ولم يتزوج عليها حتى توفيت عنده وكان لها منه من الولد الحسن والحسين ويذكر أنه كان لها منه ابن آخر يسمى محسنا توفي صغيرا وزينب الكبرى وأ م كلثوم الكبرى

“Istri pertama yang dinikahinya (Ali as) adalah Fatimah (as) putri rasulullah saww, dan tidak menikahi wanita lainnya sampai beliau(Fatimah as) wafat, dan darinya (Fatimah as) dia (Imam Ali as) memiliki putra diantaranya Husan (as), Husein (as), dan juga disebutkan bahwa darinya ada putra lainnya yang bernama Muhsin yang wafat ketika masih kecil, lalu putri darinya adalah Zainab Al-Kubra , dan Ummu Kultsûm Al-Kubra”[60]

 

 

 

 

 

 


[1] An-Najm : 3-4

[2] Hakim Nisyaburi, Mustadrak ‘Ala Sahihain, jilid ke-3, hal. 154

[3] Haitsami, Majma Zawaid : jilid ke-9, hal 202

[4] Bukhari, Sahih Bukhari, bab fadhail sahabah, Hadits ke- 12

[5] Hakim Nisyabûri, Mustadrak ‘Ala Shahihain, hadits ke-4723

[6] Muslim, Sahih Muslim, jilid ke-7, hal.141

[7] Ahmad, Musnad Ahmad, jilid ke-4, hal.5, disahihkan oleh Hakim menurut rijal Bukhari dan Muslim di dalam Mustadrak  ‘Ala Sahihain, jilid ke3, hal 158

[8] Hakim Nisyaburi, Mustadrak ‘Ala Sahihain, jilid ke-3, hal.158

[9][9] Atsqalani, Tahdzib-At-Athdzib, jilid, ke 12, hal. 392

[10] Hakim Nisyabûri, Mustadrak ‘Ala Sahihain, hadits ke-4706

[11] Hakim Nisyabûri, Mustadrak ‘Ala Sahihain, hadits ke-4715

[12]Manâwi, Abdurra’ûf, Feidz Al-Qadîr , jilid ke-4, hal 461

[13] Thabari, Tarikh At-Thabari, jilid ke-2. Hal. 233

[14] Al-Mazi, Tahdzib-At-Tahdzib, jilid ke-25, hal. 100, bisa dilihat juga di dalam Tarikh Al-Islam Adz-Dzahabi, jilid ke-18, hal.425, dan Lisan al-Mîzân Ibnu Hajar, jilid ke-7, hal 492.

[15] Ibnu Sa’d, At-Thabaqât Al-Kubra, jilidke-7 hal.381, cetakan Dar As-Shâdîr – Beirut

[16] Al-‘Ajli. Ma’rifat At-Tsiqât, jilid ke-1, hal 267, maktabah Dâr – Al-madinah Al-Munawwarah

[17] Tahdzîb Al-Kamâl, jilid ke-28, hal.400

[18] Ad-Dzahabi, Al-kâsyif fi Ma’rifat Man lahu Riwayât Fi Al-Kutubi As-Sittah, jilid ke-1, hal.412

[19] Taqrîb At-Tahdzîb, jilid ke-1, hal.220

[20] Adz-Dzahabi, Siar ‘Alâm An-Nubala : jilid ke-10 hal.401

[21] Ibnu Hibbân, At-Tsiqât, no. 11108

[22] Ibnu Hajar, Tahdzîb At-Tahdzîb, jilid ke3, hal 201-202, tarjamah no 341

[23] Ibnu Hajar, Taqrîb At-Tahdzîb, jilid ke-1, hal.520

[24] Ibnu Qutaibah, Al-Imâmah wa As-Siyâsiyah, jilid ke-1, hal.30

[25] Al-Baghdâdi, Târikh Baghdâd, jilid ke-1, hal.178

[26] Ibnu Nadîm, Al-Fahrest, hal. 85

[27] Ibnu Hajar, Lisân Al-Mîzân, jilid ke-3, hal. 358

[28] Kheiruddin Az-Zarkali, Al-A’lâm, jilidke-4, hal.137

[29] Ilyân Sir Kîs, Mu’jam Al-Maṯbû’ât Al-‘Arabiah, jilid ke-1, hal 211

[30] Farîd Wajdi , Dâiratu Al-Ma’ârif Al-Qarn Al-‘Isyrîn, hal. 749

[31] Al-Mas’ûdi, Itsbât Al-Washiah, hal.143, dalam menerangkan kejadian Saqîfah dan Khilâfah

[32] Ad-Dzahabi, Târikh Al-Islâm, jilid ke-25 hal.341

[33] Ibnu Abi Hadîd, Syarah Nahj Al-Balâghah, jilid ke-2, hal 56

[34] Ibnu Abi Al-Hadîd, Syarah Nahj Al-Balâghah, jilid ke-2, hal 57

[35] Al-Khansâri, Raudhât Al-Jannât jilid ke-5 hal. 20-21

[36] Al-Kanna wa Al-Alqâb jilid ke-1, hal.193

[37] Ibnu Khalkân, Wafiyât Al-A’yân , jilid ke 5, hal. 391

[38] Ad-Dzahabi, Siar A’lâm An-Nubala, jilid ke-23, hal.275

[39] Ibnu Abi Rabbihi, Al-Aqdu Al-Farîd, jilid ke-2, hal.205

[40] Ad-Dzhabi, Siar A’lâm An-Nubala, jilid ke2, hal. 283

[41] Al-Yâfe’i, Marât Al-Jinân, jilid ke-2, hal 222

[42] As-Shafadi, Al-Wâfi bi Al-Wafiyât, jilid ke-8 hal.8

[43] Ibnu Hanzâbah, Al-Gharar, jilid ke28, hal. 339

[44] Ad-Dzahabi, Târikh Al-Islâm, jilid ke27, hal. 250, penerbit Dâr Al-Kitâb Al-‘Arabi

[45] Abu Sa’d Sam’âni : Al-Ansâb , Jili dke-5 hal 599, penerbit Dâr Al-Jinân beirut

[46]Ibnu Atsir, Al-Lubab, jilid 3, hal 364, Penerbit Dâr Shâdir, Beirut

[47] Al-Mazi, Tahdzîb Al-Kamâl, jilid ke-1, hal. 18

[48] Ibnu Hajar Atsqalâni, Taqrîb At-Tahdzîb, jilid ke-1, hal. 326 , no 2117

[49] Imâm Juinî, Farâid As-Sabṯain, jilid ke-1, hal 34.

[50] Syahnah, Raudhat Al-Manâdzir fi Akhbâr Al-Awâil wa Al-Awâkhir , jilid ke-11, hal. 113, penerbit Al-Halabi, tahun 1301 (Keterangan lengkap oleh Ibnu Atsîr)

 

[51] Abu Al-Fidâ, Tarikh Abu Al-Fidâ, jilid ke-1, hal. 156 , setakan Mesir , pencetak Al-Huseiniah

[52] Ibnu  ‘Aṯiyyah, Al-Imâmah wa Al-Khilâfah, halaman 160-161, dengan mukaddimah Dr Hâmid Dâwud, dosen Universitas ‘Ain As-Syams, Kairo , Mesir, cetakan Beirut, Muassasah Al-Balâgh.

[53]  Ibnu Abdu Al-Barr, Al-istî’âb, jilid ke 3, hal.975.

[54] Ibnu Abi Syaibah, Al-Mushannaf, jilid ke-8, hal 572

[55] Umar Ridha, A’lâm An-Nisa, jilid ke-4, hal 114

[56] Abdu Al-Fath, Al-Imâm Ali Ibnu Abi Thâlib, jilid ke-4, hal 274-277 dan jilid ke 1, hal. 193-192

 

[57]Diambil dari Ibnu Katsîr, Al-Bidâyah wa An-Nihâyah liibni Katsîr, jilid ke3, hal. 346

[58] Ibnu Qutaibah, Al-Maârif, hal. 1ش43

[59] Al-Ya’qûbi, Târikh Al-Ya’qûbi, jilid ke-2, hal. 213

[60] Thabari, Târikh Al-Umam wa Al-Mulûk, jilid ke-5, hal. 153

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: