Ghadir Khum “Fakta Yang Terlupakan”

Ghadir Khum
Fakta yang Terlupakan
(Bagian I)
Assalamualaikum wr wb
Setiap tanggal 18 Julhijjah umat Islam Syiah khususnya dan umat Islam umumnya merayakan hari besar Idul Ghadir. Nama Ghadir sebenarnya berasal dari nama tempat yaitu ghadir khum yang terletak diantara kota mekkah dan madinah di dekat Juhfah. Dimana sejarah mencatat peristiwa ini terjadi setelah haji wada 18 Julhijjah tahun 10 Hijriah.
Idul Ghadir sebagai bagian dari pokok sejarah dan landasan umat Islam dalam melihat keberlangsungan kepemimpinan, kekhalifahan dan keimamahan setelah rasulullah saww. Akan tetapi sebagian lainnya ada juga yang menggugat keberadaan sejarah tersebut, ada yang menolaknya dan menganggapnya bohong yang hanya dibuat oleh orang-orang syiah saja, ada juga sebagaian pendapat yang menerima keberadaan sejarah tersebut dengan segala kandungan Ayat dan hadits nabi saww , walaupun sebagian menta’wilkan peristiwa tersebut dengan cara yang berbeda tanpa menerima keberadaan pengitsbatan kepemimpinan setelah rasulullah saww.
Pembahasan kali ini adalah pembahasan singkat dengan mengkaji beberapa kandungan ayat Alquran dan Hadits rasulullah saww.
Sebelumnya mari kita bagi pembahasan kedalam beberapa sisi dan subhat2 yang menyertainya:
1. Ayat Attabligh (Al-maidah 67)
2. Ayat Ikmaluddin (Al-maidah ayat 3)
3. Hadits AL-Wilayah (Man kuntu Maula fa hadza aliyyun maulahu)

1.Ayat At-Tabbligh ( Almaidah 67) dan asbabunnuzulnya (bagian I)
يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ وَ إِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَما بَلَّغْتَ رِسالَتَهُ وَ اللهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللهَ لا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكافِرينَ
Hai rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhan-mu. Dan jika kamu tidak mengerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan risalah-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.
Dari para ulama suni Yang meceritakan turunnya ayat ini pada ghadir khum :
1. Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir At-Thabari , wafat 310 H
2. Abnu Abi Hatim : abdurrahman ibn Muhammad Ibn Idris Ar-Razi , wafat 327
3. Abu abdullah alhusein ibn Isma’il Alhamili , wafat 330
4. Abu Bakar Ahmad ibn abdurrahman Alfarsi As-Syirazi, wafat 407
5. Abu Bakar Ahmad ibn Musa Ibn Mardawiah Alisfahani, wafat 410.
6. Abu Na’im Ahmad ibn Abdullah Alisfahani, wafat 430
7. Abulhasan Ali ibn Ahmad Alwahidi, Wafat 468
8. Abu sa’id Mas’ud ibn Nashir As-sajestani, wafat 477
9. Abu qasim Abdullah ibn Abdullah alhakim Alhaskani
10. Abu Bakar Muhammad ibn Mu’min As-Syirazi
11. Abul Fath Muhammad ibn Ali ibn Ibrahim wafat 550
12. Abul qasim Ali ibn Alhasan ibn asakir Ad-dimesyki, wafat 571
13. Abu Salim Muhammad ibn Talhah As-Syafei , wafat 652
14. Fakhruddin Muhammad ibn Umar Arrazi , wafat 653
15. Azzu addin abdurazzaq ibn razqillah ar-ras’ani almaushili , wafat 661
16. Nidzamuddin Alhasan ibn Muhammad An-Nisaburi
17. As-Sayyid Ali ibn syahabuddin Alhamadani , wafat 786
18. Nuruddin Ali ibn Muhammad ibn Assibbagh almaliki , wafat 855
19. Badruddin Mahmud ibn Ahmad al’aini, wafat 855
20. Jalaluddin Abdurrahman ibn Abi Bakar As-suyuty, wafat 911
21. Alqadhi Muhammad ibn Ali As-Syaukani , wafat 1250
22. As-Sayyid Syahab addin Mahmud Al-Alusi Albaghdadi, wafat 1270
23. As-Syeikh Sulaiman ibn Ibrahim Alqunduzi alhanafi , wafat 1293

Untuk lebih jelasnya berupa nushus riwayat mereka bisa dilihat dalam kitab Nafahat Al-Azhar fi khulashati Abaqatil anwar : 8/195-253
Dari keterangan ulama suni menjelaskan bahwa ayat tersebut turun kepada rasul untuk disampaikan kepada ummatnya bahwa Ali bin abi thalib adalah imam setelahnya.
1. Ahafidz abdurrahman ibn Abi Hatim muhammad ibn Idris At-tamimi al-handzali ar-razi, dikeluarkan dengan sanad dari Abi sa’id alkhudri yang menunjukkan ayat tersebut turun di hari Ghadir untuk (keimamahan) ali ibn Abi Thalib ,…. As-Suyiti di dalam Ad-Durul mantsur pada tafsir ayat tersebut dan As-Syaukani dalam Fathul Alqadir jilid 2 hal 60 atau pada tafsir ayat tersebut.
2. Al-hafidz abu Bakar ahmad ibn Musa ibn Mardawaih al-isbahani telah mengeluarkan hadits tersebut dengan isnad dari abi sa’id alkhudri, …suyuthi dalam Ad-durulmantsur dalam tafsir ayat tersebut, serta As-Syaukani dalam Fathul Al-qadir pada tafsir ayat tersebut.
3. Abul hasan ibn ahmad ibn Muhammad ibn ali ibn Muttawiah alwahidi Annisaburi, yang mengeluarkannya dari Abi sa’id alkhudri dalam kitab asbabunnuzul lilwahidi hal 135 dalam asbabunnuzul ayat tersebut.
4. Alhafidz Abulqasim ali ibn alhasan ibn hibbatullah As-syafei mengeluarkan hadits tersebut dari Abi sa’id alkhudri …as-Suyuti dalam Ad-durulmantsur dan As-Syaukani dalam Fathul qadir.
5. Dalam Kitab Syawahiduttanzil liqawa’iduttafdhil muallifnya Al-hafidz ‘ubaidillah ibn Ahmad alma’ruf bilhakim al-haskani al-hadza al-hanafi annisaburi , seorang ulama makruf terkenal dikalangan pada abad kelima hijriah.
Menuliskan dalam kitabnya mengenai ayat ini dengan 8 Jalur periwayatan disini saya cukupkan dengan tiga jalur diantaranya:
a. Mengkhabarkan kepada kami Sayyid abulhasan alhasani rahimallah , berkata : Mengkhabarkan kepada kami Abulhasan Muhammad ibn Muhammad ibn Ali Al-anshari, berkata : berkata kepada kami quraisy ibn Khidasy ibn assaib, berkata : berkata kepada kami Abu “ishmah nuh ibn abi Maryam , dari Ismail dari abi Masy’ar dari Sa’id almaqbari dari Abi Hurairah dari nabi saww bersabda :
((لما أسري بي الى السماء سمعت تحت العرش أنّ علياً راية الهدى و حبيب من يؤمن بي بلّغ يا محمد))
قال : فلما نزّل النبي صلى الله عليه و آله و سلّم أسرّ ذلك ، فأنزل الله عزّ و جلّ (( يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ)) في علي أبي طالب ((وَ إِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَما بَلَّغْتَ رِسالَتَهُ وَ اللهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ))

Ketika (Dia) mengisrakan aku ke langit aku telah mendengar (panggilan) dibawah Ars sesungguhnya Ali adalah panji kebenaran dan Habib (orang yang dicintai) oleh orang yang beriman kepadaku , sampaikanlah ya Muhammad, …
ayat tersebut turun untuk imam ali

b. Mengkhabarkan kepada kami Al-hakim Abu Abdillah Al-hafidz sebuah jumlah, mengkhabarkan kepada kami Ali ibn Abdillah arrahman ibn Isa Ad-dahqan bil kufah: berkata : telah berbicara pada kami Al-hakim Al-habri , berkata : telah berbicara kepada kami Alhasan ibn alhusein Al’arni berkata : Telah berbicara kepada kami Al-hibban ibn Ali al-‘inzi , berkata : berkata Al-kalbi dari abi shalih dari Ibn Abbas pada kalam Allah azza wajalla :

))يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ((نزل في علي، أمر رسول الله صلّى الله عليه أن يبلغ، فأخذه رسول الله بيد علي فقال : ((من كنت موله فعلي مولاه اللهمّ و ال من والان و عاد من عاده))
…. (Ayat)…turun untuk Ali, Allah memerintah nabi saw untuk menyampaikannya , kemudian Nabi mengambil tangan Ali , dan berkata : Barang sipaya yang menjadikan aku Maula maka Ali Maulanya juga , Ya Allah lindungilah orang yang berwilayah padanya dan musuhilah orang yang memusuhinya.

c. Telah berbicara kepada kami ali ibn Musa ibn Ishaq dari Muhammad ibn Mas’ud ibn Muhmammad , berkata : telah berbicara kepada kami sahl ibn Bahri , berkata : telah berbicara kepada kami Alfadhl ibn Syadzan, dari Muhammad ibn abi Umair, dari Umar ibn Udzainah dari Alkalbi, dari Abi shaleh dari Ibn abbas dan Jabir ibn Abi Abdillah, berkata kedua-duanya :
امر الله محمداً أن ينصب عليا للناس ليخرجهم بولاية فتخوّف رسول الله صلّى الله عليه و آله و سلّم أن يقول : حاباّ ابن عمه، و أن يطعنوا في ذلك عليه فأوحى الله اليه ((يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ)) الآية ، فقام رسول الله بولاية يوم غدير خم.
Allah telah memerintahkan Muhammad (saww) untuk menjadikan Ali untuk sekalian manusia supaya menjadikan mereka hidup dengan wilayah (Ali) maka Rasulullah takut untuk mengatakan : Selamat kepadamu putra pamanku dikarenakan mereka akan menyangkal hal tersebut, kemudian Allah berfirman : “Hai rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhan-mu” kemudian rasulullah menegakkan (menyampaikan risalah tersebut) dengan wilayah (Ali) di hari ghadir khum.

Bersambung … bagian ke II (Itsbat perawi)

zen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: